Minggu, 30 Oktober 2011

SWF Ekstensi

SWF (putar / swɪf / swif) adalah format file untuk multimedia, grafik vektor dan ActionScript di lingkungan Adobe Flash berasal FutureWave Software, kemudian ditransfer ke Macromedia, dan kemudian datang di bawah kendali Adobe., File SWF dapat berisi animasi atau applet dari berbagai tingkat interaktivitas dan fungsi.

Saat ini, fungsi SWF sebagai format dominan untuk menampilkan "animasi" vektor grafis di Web. Hal ini juga dapat digunakan untuk program-program, umumnya game browser, menggunakan ActionScript.

File SWF dapat dihasilkan dari dalam beberapa produk Adobe: Flash, Flash Builder (IDE) dan After Effects, serta melalui MXMLC, baris perintah kompiler aplikasi yang merupakan bagian dari Flex SDK tersedia secara bebas. Selain produk-produk Adobe, SWFs dapat dibangun dengan open source Motion-Twin ActionScript 2 Kompilator (MTASC), open source Ming perpustakaan, perangkat lunak bebas suite yang SWFTools, yang SWISH kepemilikan Max2. Ada juga program berbagai pihak ketiga yang dapat menghasilkan file dalam format ini, seperti Fusion, Multimedia 2 Captivate atau SWISH Max.

Awalnya, SWF adalah istilah yang digunakan sebagai singkatan untuk Shockwave Flash. Penggunaan ini diubah ke Web Format backronym Kecil untuk menghilangkan kebingungan dengan teknologi yang berbeda, Shockwave, dari mana berasal SWF.

History
FutureWave Software adalah sebuah perusahaan kecil kemudian diakuisisi oleh Macromedia, awalnya didefinisikan format file dengan satu tujuan utama: untuk membuat file kecil untuk menampilkan animasi menghibur Idenya adalah untuk memiliki format yang dapat digunakan kembali oleh pemain berjalan pada apapun. sistem dan yang akan bekerja dengan koneksi jaringan lambat.

Adobe mengakuisisi Macromedia tahun 2005.

Pada tanggal 1 Mei 2008, Adobe menjatuhkan lisensinya pembatasan pada spesifikasi format SWF, sebagai bagian dari Open Screen Project. Namun, Rob Savoye, anggota tim pengembangan menggertakkan, telah menunjuk beberapa bagian dari format Flash yang tetap tertutup. Pada tanggal 1 Juli 2008, Adobe merilis kode yang memungkinkan Google dan Yahoo mesin pencari-untuk menjelajah dan indeks file SWF.

Deskripsi
Awalnya terbatas menyajikan objek berbasis vektor dan gambar secara sekuensial sederhana, format dalam versi yang memungkinkan audio (karena flash 3), video (sejak Flash 6) dan banyak kemungkinan bentuk yang berbeda dari interaksi dengan pengguna akhir. Setelah dibuat, file SWF bisa dimainkan oleh Adobe Flash Player, bekerja baik sebagai plugin browser atau sebagai standalone player. File SWF juga dapat dienkapsulasi dengan pemain, menciptakan sebuah film diri berjalan SWF disebut "proyektor".

Adobe membuat plugin yang tersedia, seperti Adobe Flash Player dan Adobe Integrated Runtime, untuk memutar file SWF dalam browser web pada sistem operasi desktop, termasuk Microsoft Windows, Apple Mac OS X, dan Linux di arsitektur x86. Pada tahun 2007 pengembangan intensif telah berlangsung di menggertakkan, perangkat lunak bebas implementasi pemain SWF. Lain implementasi FOSS adalah Swfdec.

Berdasarkan sebuah studi independen yang dilakukan oleh Millward Brown, lebih dari 99% dari pengguna Web sekarang memiliki sebuah plugin SWF diinstal, dengan sekitar 90% memiliki versi terbaru dari Flash Player.

Sony PlayStation Portabel konsol dapat memainkan file SWF terbatas dalam web browser Sony, dimulai dengan firmware versi 2.71. Kedua Nintendo Wii dan Sony PS3 konsol dapat menjalankan file SWF melalui browser internet mereka.

Banyak dari smartphone saat ini dukungan SWF (meskipun kadang-kadang tidak sepenuhnya kompatibel) pada browser web mereka. Apple iPhone adalah salah satu smartphone yang tidak mendukung SWF. Apple mengklaim bahwa SWF adalah format, tertutup berpemilik.

Lisensi
Adobe membuat tersedia spesifikasi parsial SWF. Dokumen ini diklaim hilang "jumlah besar" dari informasi yang diperlukan untuk sepenuhnya menerapkan SWF, menghilangkan spesifikasi untuk RTMP dan Sorenson Spark. Namun, spesifikasi RTMP dirilis publik pada bulan Juni 2009, dan codec Sorenson Spark bukanlah milik Adobe. Hingga 1 Mei 2008, mengimplementasikan perangkat lunak yang memainkan SWF itu dianulir dengan lisensi spesifikasi itu pada tanggal itu, sebagai bagian dari Open Screen Project nya, Adobe menjatuhkan semua pembatasan seperti pada format SWF dan FLV. Namun, spesifikasi SWF dirilis di bawah lisensi yang sangat ketat:

     Manual ini tidak dapat disalin, difotokopi, direproduksi, diterjemahkan, atau diubah ke bentuk elektronik atau mesin-dibaca secara keseluruhan atau sebagian tanpa persetujuan tertulis dari Adobe Systems Incorporated.

Menerapkan perangkat lunak yang menciptakan file SWF selalu diizinkan, dengan syarat bahwa file yang dihasilkan membuat "bebas kesalahan dalam versi publik terbaru dari Adobe Flash Player."

GNU telah mulai mengembangkan perangkat lunak gratis yang disebut pemain SWF menggertakkan bawah GNU General Public License (GPL). Pemain lain adalah GNU LGPL Swfdec. Namun, GNU tidak menyediakan dukungan keuangan untuk proyek baik.

Scaleform gfx adalah alternatif pemain SWF komersial yang fitur akselerasi hardware penuh menggunakan GPU dan memiliki kesesuaian yang tinggi sampai ke Flash 8 dan AS2. Scaleform gfx dilisensikan sebagai solusi middleware permainan dan digunakan oleh banyak PC dan konsol game 3D untuk antarmuka pengguna, HUDs, mini game, dan pemutaran video.

Terkait format file dan ekstensi
Extension
Explanation
.swf
.swf files are completed, compiled and published files that cannot be edited with Adobe Flash. However, many '.swf decompilers' do exist.[16] Attempting to import .swf files using Flash allows it to retrieve some assets from the .swf, but not all.[17]
FXG is a unified xml file format being developed by Adobe for Flex, Flash, Photoshop and other applications.
.fla
.fla files contain source material for the Flash application. Flash authoring software can edit FLA files and compile them into .swf files. The Flash source file format is currently a binary file format based on the Microsoft Compound File Format. In Flash Pro CS5, the fla file format is a zip container of an XML-based project structure.
.xfl
.xfl files are XML-based project files that are equivalent to the binary .fla format. Flash authoring software uses XFL as an exchange format in Flash CS4. It imports XFL files that are exported from InDesign and AfterEffects. In Flash Pro CS5, the xfl file is a key file which opens the "uncompressed FLA" file, which is a hierarchy of folders containing XML and binary files.
.as files contain ActionScript source code in simple source files. FLA files can also contain Actionscript code directly, but separate external .as files often emerge for structural reasons, or to expose the code to versioning applications.
.mxml files are used in conjunction with ActionScript files (and .css files), and offer a markup-language-style syntax (like HTML) for designing the GUI in Flex. Each MXML file creates a new class that extends the class of the root tag, and adds the nested tags as children (if they are descendants of UIComponent) or members of the class.
.swd
.swd files are temporary debugging files used during Flash development. Once finished developing a Flash project these files are not needed and can be removed.
.asc
.asc files contain Server-Side ActionScript, which is used to develop efficient and flexible client-server Macromedia Flash Communication Server MX applications.
.abc
.abc files contain actionscript bytecode used by the Actionscript Virtual Machine AVM (Flash 8 and prior), and AVM2 (Flash 9 or later).
.flv files are Flash video files, as created by Adobe Flash, ffmpeg, Sorenson Squeeze, or On2 Flix. The audio and video data within FLV files are encoded in the same way as they are within SWF files.
.f4v
.f4v files are similar to MP4 files and can be played back by Flash Player 9 Update 3 and above. F4V file format is second container format for Flash video and it differs from FLV file format. It is based on the ISO base media file format.[18][19]
.f4p
.f4p files are F4V files with digital rights management.[19]
.f4a
.f4a files are F4V files that contain only audio streams.[19]
.f4b
.f4b files are F4V audio book files.[19]
.swc files are used for distributing components; they contain a compiled clip, the component's ActionScript class file, and other files that describe the component.
.jsfl
.jsfl files are used to add functionality in the Flash Authoring environment; they contain JavaScript code and access the Flash JavaScript API.
.swt
.swt files are 'templatized' forms of .swf files, used by Macromedia Generator
.flp
.flp files are XML files used to reference all the document files contained in a Flash Project. Flash Projects allow the user to group multiple, related files together to assist in Flash project organization, compilation and build.
.spl
.spl files are FutureSplash documents.
.aso
.aso files are cache files used during Flash development, containing compiled ActionScript byte code. An ASO file is recreated when a change in its corresponding class files is detected. Occasionally the Flash IDE does not recognize that a recompile is necessary, and these cache files must be deleted manually. They are located in %USERPROFILE%\Local Settings\Application Data\Macromedia\Flash8\en\Configuration\Classes\aso on Win32 / Flash8.
.sol
.sol files are created by Adobe Flash Player to hold Local Shared Objects (data stored on the system running the Flash player).


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More